Kemenag Probolinggo

Friday, November 6, 2020

100 Da'i di Jatim Ikuti Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah


Jawa Timur (Inmas) Berjalan selama dua hari, Rabu- Kamis tanggal 4-5 November 2029, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Penais Zawa mengadakan kegiatan Bimtek Penguatan Kompetensi  Penceramah Agama Angkatan II bertepatan di Garden Palace Hotel Surabaya. Jum'at (6/11/2020).

Kegiatan yang merupakan upaya Pemerintah melahirkan penceramah yang memiliki integritas dengan penguatan materi dan metodologi dakwah yang handal ini diikuti sekitar 100 orang dari titik wilayah timur dari tapalkuda termasuk kabupaten Probolinggo.

Hadir dalam kegiatan ini delegasi dari  Kab. Probolinggo 8 orang penceramah agama yang jua aktif di berbagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan,
1. KH. Hasan Asyyadili, (salah satu dewan Pengasuh Pon-Pes Zainul Anwar Kraksaan)
2. KH. Imamul Muttaqin Kholilullah (pengasuh salah satu Pon-Pes di Paiton)
3. Ust. Muhammad Qosimur Ridlo, (Pengasuh Rumah Tahfid Sunan Kalijaga Pakuniran & Ketua MWCNU Pakuniran)
4. Saiful Bahri, S.HI (Skretaris MUI Kec. Banyuanyar)
5. Suharto, S.Hi, M.Pd.I (Pengurus DMI Kab. Prob dan Ketua Pokjaluh)
6. Nyai H. Khofsoh (Salah satu dewan Pengasuh Pon-Pes Lubbul Labib Maron)
7. Mamluatus Solihah, (Pengurus Tilawati cabang Probolinggo)
8. Lailatu Fiqriyah, S.Pd.I (Ketua Fatayat NU Gending)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat kompetensi para penceramah agama khusunya dalam menyampaikan materi2 dakwahnya yang diarahkan berorientasi pada keutuhan NKRI dan sikap moderat dalam beragama.

Hal ini sesuai dengan materi-materi bimtek yang disajikan diantaranya; "Ketahanan Bangsa Indonesia melalui peran penceramah agama, Isu-isu aktual keagamaan, Kontektualisasi nilai-nilai Pancasila, Aksi teroris dunia dan upaya penanggulangannya di Indonesia dan SStrategi dakwah di era milenial" 

Adapun pemateri dalam bimtek ini melibatkan dari beberapa elemen, yaitu dari Kemenag, Kakanwil, Kabid penais Kanwil, Dirjen Bimais Pusat, Direktur Penerangan Agama Islam Pusat, dari Polda Jatim, dan jua  MUI Prov Jatim 

Acara dimulai dengan pre tes secara online untuk mengukur awal kemampuan peserta dan ditutup dengan post tes secara ollnline jua untuk mengetahui hasil dari bimtek. (Charto's/Aan).

Share: