Kemenag Probolinggo

Tuesday, November 3, 2020

Perkuat ketahanan pangan, Kemenag sulap madrasah menjadi laboratorium penelitian

 

Kab. Probolinggo (Inmas) Setelah sebelumnya melakukan pemberdayaan KUA Kecamatan Tongas berupa budidaya ikan konsumsi dan tanaman sayur serta buah, bentuk kerjasama Kementerian Agama kabupaten Probolinggo dengan “Hasan Foundation”. Rabu, (4/11) pagi Kemenag kembali melakukan hal yang sama di MTs.N 1 Probolinggo di Paiton. Rabu, (4/11/2020).

Yang kita lakukan ini adalah ingin menghadirkan Kementerian Agama dalam ambil peran mendukung segala upaya Pemerintah kabupaten Probolinggo dalam penguatan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di KUA dan Madrasah.

Satker di lingkungan Kemenag kita jadikan media penopang penguatan ekonomi keumatan sebagai bentuk edukasi bersama instansi terkait termasuk dengan NGO yang kita gandeng dengan harapan asn kemenag dapat mengembangkannya di masyarakat, yang dari sisi ekonomi ada efisiensi penunjang kebutuhan keluarga, tandasnya saat membuka acara "Penguatan Madrasah Enterpreneurship dalam mewuudkan ketahanan pangan melalui tebar benih ikan dan bibit tananaman keluarga” di MTs. N 1 probolinggo Paiton.

Apalagi di masa pandemi global covid19 seperti sekarang sangat berdampak pada sektor perekonomian. Untuk menjawab itu semua, Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, turut berperan aktif menguatkan kemandirian pangan masyarakat. Selanjutnya, kita jadikan madrasah menjadi laboratorium penelitian, tambahnya.

Sementara, Direktur Hasan Foundation, Zulmi Noor Hasani menyebut, pihaknya dan Pemkab Probolinggo sedang gencar menjalankan program ketahanan pangan. Dimulai dari kantor-kantor pemerintah, agar dapat diikuti oleh masyarakat sekitarnya.

Yang kita wujudkan dengan budidaya ikan konsumsi dan tanaman sayur serta buah. Karena mudah dilakukan dan cukup memberi manfaat dari sisi kemandirian pangan.

"Kami bersama pemerintah daerah sedang menjalankan program ketahanan pangan yang dimulai dari keluarga. Dari kantor-kantor kecamatan, KUA dan kantor desa yang akan dikembangkan ke lingkup keluarga di RT/RW," ujar Zulmi.

Acara dilanjutkan tebar benih ikan dan tanaman di lahan yang telah disediakan. Hadir dalam giat tersebut Kepala MTsN 1 Probolinggo Muhammad As’adi, didampingi para waka dan guru, pengawas serta undangan penting lainnya.(Aan).

Share: