Kemenag Probolinggo

Monday, January 4, 2021

Cinta Tanah Air, NKRI dan IPTEK jadi tema pilihan dalam lomba Pidato 4 Bahasa #Lomba Pidato 4 Bahasa

 

Kab. Probolinggo (Inmas) Di penghujung tahun 2020, tepatnya pada tanggal 30 Desember 2020 Seksi Bimas  Islam menggelar acara penting bagi keberlangsungan kekhidmatan Kementerian Agama dengan menghadirkan para Hafidz, penyuluh agama fungsional dan non pns dalam gelaran seaman Khotmil al-Qur’an dan untaian do’a untuk keselamatan negeri tercinta Indonesia.

Giat tersebut bukanlah puncak dari rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI yang ke 75 ini, namun masih ada beberapa giat peningkatan kompetensi bagi siswa-siswi madrasah mengukur kemampuan berdialektika dan berorasi serta keahlian teknik yang lain sebagai penopang keberhasilan pembelajaran di era pandemic global Covid-19 ini,

Maka tidak mengherankan ketika beberapa cabang lomba harus dilaksanakan secara virtual, seperti lomba pidato 4 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris dan Madura) dilaksanakan serentak dari tanggal 21-30 Desember 2020, baik tingkat MI, MTs dan MA dan untuk masing-masing lomba Panitia juga telah menetapkan penanggungawabnya hal ini dilakukan demi mengedepankan netralitas dalam penilaian.

Berikan rincian pemenang lomba Pidato Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI); Juara I Amira Tabriza (MI. Tanwirul Muhtadin) dengan nilai 1.101, Juara 2 M. Raihan Arrohib (MI. Bustanul Ulum 2) dengan nilai 9.17, Juara 3 Annajwa (MI. Nizhamul Islam) dengan nilai 662.

Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs); Juara I Muh. Sho Haji (MTs. Nurul Jadid) dengan nilai 528, Juara 2 A. Dhafa Fachrizal MTsN2 Probolinggo dengan nilai 495, Juara 3 Lailatul Mahhfiro (MTs. Ainul Yaqin) dengan nilai 385.

Tingkat Madrasah Aliyah (MA); Juara 1 Airin Qotronnada (MA. Fatahillah) dengan nilai 624, 2. Juara 2  Aqil Tsabata (MA. Nurul Jadid) dengan nilai 230, Juara 3 Nurul Indah Humairoh (MA. Arriyadloh) dengan nilai 150.

Lomba Pidato Bahasa Inggris, Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI); Juara 1 Nur Alissa Maulida (MI. TANWIRUL MUBTADIIN) dengan nilai 743.5, Juara 2 Muhammad Alfatih (MI. RAUDHATUL JANNAH 2)  dengan nilai 538.5, Juara 3 Hafizha Naja Zakiyyah Mansur (MI. TARBIYATUL HIDAYAH)  dengan nilai 243.

Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs); Juara 1 Diva Triwahyuningsih (MTsN 2  Probolinggo) dengan nilai 555, Juara 2 Yovanka Fadia Nasya (MTs Nurul Qadim) dengan nilai 485, Juara 3 Dina Rosada (MTs. Ainul Yaqin)  dengan nilai 376.

Tingkat Madrasah Aliyah (MA); Juara 1. Lailatul Tarwiyah (MAN 1 Probolinggo) dengan nilai 216.5, Juara 2 Ayo Ahmad Ridho (MA. Nurul Jadid)  dengan nilai 174.5, Juara 3 Vina Mawaddatul Kholisoh (MA Darut Tauhid) dengan nilai 114.

Pemenang lomba Pidato Bahasa Indonesia; Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Juara 1 Viola Maudivatus Syafa (MI. Tanwirul Mubta'diin), Juara 2 Zasilu Rohmah (MI. Tarbiyatul Ula), Juara 3 Halimatus Sa'diyah (MI. Qoimatul Islam).

Tingkat Madrasahh Tsanawiyah (MTs), Juara1 Nadwatul Ulya (MTs. Wali Songo Gending), Juara 2 Fachriele Ghozi (MTsN2 Probolinggo), Juara 3 M. Giovanni (MTs. Nurul Jadid).

Tingkat Madrasah Aliyah (MA) Juara 1 Rafmi Febria Triansya, Juara 2 Siskawat (MA. Sullamul Hidayah), dan Juara 3 Nur Musrifah Arifin (MA. Nurul Ulum Lawean).

Lomba Pidato Bahasa Madura tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI); Juara 1 Nur Faizatul Ummah (MI. Tanwirul Mubtadi'in) dengan nilai 857, Juara 2 Ahmad Fadil (MI. Tarbiyatul Ula) dengan  nilai 635 dan Juara 3 Dhof'atul Ais (MI. Raudlatul Jannah) dengan nilai 458.

Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) Juara 1 Imtiyaz Salsabila (MTsN 2 Probolinggo) dengan nilai 524, Juara 2 Zumrotul Munawaroh (MTs. Ainul Yaqin) dengan nilai 380 dan Juara 3 Nurul Badiah (MTsN 1 Probolinggo) dengan nilai 200.

Sementara tingkat Madrasah Aliyah (MA); Juara 1 Ulil Itqon Jamil (MA. Nurul Jadid) dengan nilai 291, Juara 2 Siti Khoiriyah (MA. Nurul Ulum Laweyan) dengan nilai 231 dan Juara 3 Rio Dwi Ferdian (MAN 1 Probolinggo) dengan nilai 198.

Dalam ketentuan umum sebelumnya telah diterangkan bahwa lomba ini merupakan siswa dari MI, MTs, MA di kabupaten Probolinggo yang dilakukan secara daring/online berupa video durasi 5 menit diunggah melalui channel Youtube masing-masing murid/wali/ madrasah dengan ketentuan emberikan tanda pagar (tagar) #HAB75Probolinggo_PidatoArabMI (contoh) sesuai dengan lomba yang diikuti dan tingkat pendidikan peserta.

Selain dikoordinatori oleh Bapak Nurul Jadid untuk tingkat Madrasan Ibtidaiyah (MI), Mudakkir untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Ahmad Zamroni di tingkat Madrasah Aliyah (MA), penilaian untuk menentukan para pemenang dilakukan oleh Tim juri yang ahli di bidangnya sesuai dengan Kriteria penelian, yaitu berdasarkan Jumlah like Youtube yang paling banyak. Video juga dinilai oleh 3 orang juri yang masing-masing juri penilaiannya berupa penambahan jumlah like setara 1-100 like. Yang tentunya meliputi aspek Intonasi suara 30%, Ekspresi / Mimik Wajah 30% Tema dan Materi 40% sebagaimana disampaikan salah satu koordinator Lomba Dr. Ahmad Zamroni.(Aan).

Share: