Kemenag Probolinggo

Monday, January 4, 2021

Lomba Vlog guru media pembelajaran di era digital

 
Kab. Probolinggo (Inmas) Giat penting lainnya, adalah lomba Video pembelajaran (Vlog guru) di tingkat RA, MI, MTs dan MA yang juga dilaksanakan secara virtual, sebagaimana dituturkan Dr. Didik Heriyadi Kasi Pendidikan Madrasah (PendMa) Kankemenag kabupaten Probolinggo. (4/01/2021)

Sebagaimana sudah maklum bahwa Vlog dapat kita gunakan sebagai media pembelajaran yang berbasis tugas atau proyek yakni untuk meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa dalam mendapatkan materi belajarnya. Dunia teknologi informasi tentu sangat mendukung penguasaan setiap insan pendidik melahirkan satu gagasan teknologi termasuk dalam mendukung keberhasilan pendidikan dewasa ini.

Dasar itulah kemudian panitia mengakomodir usulan Seksi PendMa menggelar lomba vlog guru yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 31 Desember 2020 lalu. Berdasarkan informasi staf PendMa Yeni berikut para pemenang lomba Vidio pembelajaran yang dishare di WA Group HAB-75 Probolinggo. Tingkat Raudlatul Athffal (RA); Juara 1 Umi Kulsum (RA. Ini Sundari kec. Kraksaan dengan nilai 75, Juara 2 Umi Mahmuda (RA. Muta'alimin kec. Krejengan) dengan nilai 71, Juara 3 Hikmatul Maulidiyah (RA. Al-Khotijah kec. Gending) dengan nilai 70.

Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI); Juara 1 Siti Mubayyinah (MI. Bustanul ulum Sumberasih) dengan nilai 99, 2.Juara 2 Usai Sofyan (MI. Tanwirul Muhtadin Banyuanyar) dengan nilai 75, Juara 3 Wariqotun Roatin (MI. Irtiqoiyah Krejengan) dengan nilai 70.

Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) ; Juara 1 Lutfiatul Hasan (MTs. Nurul Ulum Sumberasih) dengan nilai 99, Juara 2 atas nama Richie Sulistyowati (MTsN 2 Probolinggo) dengan nilai 73, Juara 3 Hero Subianto (MTsN 1 Probolinggo) dengan nilai 70. Sementara untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA); Juara 1 diraih Sundari (MA. Miftahul Huda) Tegal Siwalan dengan nilai 99.

Semoga dari hasil kegiatan video pembelajaran ini akan melahirkan guru yang mampu berkompetisi dengan era teknologi yang semakin menantang. Kepala Kemenag Dr. AS Bahtiar melalui panitia HAB sangat mengapresiasi kegiatan ini di mana sudah saatnya guru madrasah bangkit berinovasi guna menjadikan motto madrasah hidup; “Madrasah hebat bermartabat”, tidak sebatas retorika, tegasnya. (Aan).

Share: