Kemenag Probolinggo

Sunday, January 17, 2021

Tim Inti Madrasah kembali bergerak menuju perbaikan sistem pelayanan dan pengelolaan manajerial pendidikan

 

Kab. Probolinggo (Inmas) Bertempat di Aula MIS. Zainul Irsyad Probolinggo, Senin, 18 Januari 2021, Kepala Kankemenag Dr. H. Akhmad Sruji Bahtiar membuka giat Bimtek Penerapan, EDM dan e-RKAM. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari hingga tanggal 22 Januari mendatang. (18/1/2021).

Didampingi Tim Inti Madrasah Kepala Kankemenag menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk disimak baik-baik oleh para peserta. Madrasah harus mampu melaksanakan tugas secara tertib, berdaya guna dan terarah, tertib adminitrasi, KBM berjalan baik sesuai kalender pendidkan dan kalender kegiatan madrasah sehingga hasilnya lebih maksimal. Pengelolaan manajemen yang baik akan melahirkan lulusan yang baik pula sehingga mutu dan daya saing pendidikan bisa meningkat, tegasnya.


Dalam Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sidiknas disebutkan bahwa tujuan pendidikan adalah; “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan  untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Maka karena pentingnya pendidikan, kegiatan Bimtek ini dapat kiranya menghasilkan penyusunan Rencana Strategis (Renstra), Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan elektronik Rencana Kegiatan Madrasah (e-RKM), elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) karena manfaatkan waktu yang tersedia dengan baik, tutupnya.

Kemudian Mantan Kabid PendMa Kanwil Kemenag Jatim tersebut menuju giat yang sama di MI Islamiyah kecamatan Sumberasih. (Aan).

Share: