Kemenag Probolinggo

Monday, December 14, 2020

Semarak HAB-75, Kemenag Probolinggo gelar aneka macam lomba

Kab. Probolinggo (Inmas) Berdasarkan hasil rapat panitia Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke 75, kabupaten Probolinggo menetapkan jenis lomba yang akan diusung guna memeriahkan HAB Tahun 2021 ini sebagaimana berikut; Tartil Qur’an bagi santri madrasah diniyah (Madin) dilaksanakan Virtual pada hari sabtu, (19/12/2020) menjadi tanggungjawab Hasan Basri.

Berikutnya, Senin, (21/12) Lomba Kaligrafi santri Pondok pesantren diampu Saiful Ulum. Sementara Analisis problrmatika umat bagi penyuluh agama fungsional akan dilaksanakan dari tanggal (21-30/12), begitu pula untuk lomba foto berpakaian daerah terbaik bagi para pejabat Kemenag, Kepala KUA dan satker masing-masing wajib bersama pasangannya, ini masukan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Hj. Kholilati Bahtiar.

Selain lomba-lomba diatas, selasa, (22/12) dilaksanakan lomba Qiroatul Kutub bagi santri madin se kabupaten Probolinggo menjadi tanggungjawab Samsul Arifin. Dari tanggal (26/12/2020) s/d (05/01/2021) disediakan untuk Lomba cerita islami ampuan Asbi Amrullah yang akan diikuti siswa siswi SMA/SMK se kabupaten yang secara hirakhi menjadi wilayah Seksi PAIS. Pada waktu yang sama juga diperuntukkan untuk lomba gerak dan cerita bagi guru TK dibidangi Nur Hidayati, juga lomba model pembelajaran (Vlog Guru) bagi Guru PAI SD, SMP, SMA secara khusus menjadi tanggung jawab Agus Sahal.

Senin, (28/12) Ketua Umum Forum Komonikasi Penyuluh Agama Islam (FK-PAI) kabupaten Probolinggo Moh. Mahin juga akan melaksanakan lomba Khitobah bagi para penyuluh agama islam non pns masing-masing kecamatan mengirimkan satu penyuluh terbaiknya. Juga ditanggal yang sama dilaksanakan lomba cerita islami siswa-siswi RA. Sehari berikutnya, Selasa (29/12) Lomba Senam Erobic durasi 5 menit berkelompok maks 5 orang bagi guru RA, MI MTs dan MA kedua lomba tersebut diampu Yeni Sulistyowati.

Khotmil Qur’an akan dilaksanakan pada hari Rabu, 30/12) oleh para Huffadz, PAIF dan PAINPNS serta ASN Kemenag. Lomba pidato 4 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris dan Madura) dilaksanakan serentak dari tanggal 21-30 Desember 2020, Nurul Jadid bertugas di tinggal MI, tingkat MTs diampu Mudzakkir sementara tingkat MA menjadi tanggungjawab A. Zamroni.

Lomba model pembelajaran (Vlog guru) RA, MI, MTs, MA) akan dilaksanakan tanggal 31 Desember bersama Maria Ulfa dan Didik Irawan. Sementara Dr. Didik Heriadi menjadi penanggungawab Upacara HAB Kemenag yang sudah pasti pelaksanaannya setiap tanggal 3 Januari setiap tahunnya. Namun untuk  tahun ini system dan caranya masih menunggu ketentuan lebih lanjut.  

Selain lomba yang membutuhkan talar  otak dan pemikiran, ternyata Panitia HAB-75 juga menggelar lomba KUA Adiwiyata yang penilaiannya akan dilaksanakan dari tanggal (28/12/2020) s/d tanggal (05/12/2021).

Dari sekian cabang lomba yang akan dilaksanakan, sebagian besar dilaksanakan secara virtual melihat situasi pandemic Covid-19 belum mereda. Mungkin hanya para vinalis saja yang akan dilaksanakan tatap muka dengan mengacu pada protokol kesehatan ketat tetap mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Terakhir tanggal 6 Januari 2021 akan ditutup dengan giat pembinaan ASN dengan tema ; “Penguatan Zona Integritas”, akhir ulasan yang dipimpin H. Moh. Barzan bersama panitia HAB di Aula Al-Ikhlas beberapa waktu lalu. (Aan).

Share: