Kemenag Probolinggo

Monday, December 28, 2020

KUA sebagai poros ketahanan keluarga, Kemenag Launching Pusaka Sakinah

 

Kab. Probolinggo (Inmas) Di punghujung tahun 2020 Kantor Kementerian Agama kabupaten probolinggo melaksanakan Launching Pusaka Sakinah bertempat di MI Tarbiyatul Islam Kraksaan. Selasa, (29/12/2020).

Pusaka sakinah merupakan program Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam.  Pusaka Sakinah focus pada empat program penting, yang terangkum dalam ungkapan pendek; Aman, Berkah, Kompak dan Lestari.  Aman (administrasi manajemen KUA), Berkah (Belajar Rahasia Nikah), Kompak (konseling mediasi, pendampingan dan advokasi), serta Lestari (Layanan bersama Ketahanan keluarga Republik Indonesia.

Keempat program tersebut di atas merupakan program unggulan dan setiap kabupaten/kota menunjuk satu piloting, dan Kemenag kabupaten Probolinggo menunjuk Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Kraksaan sebagai piloting tersebut.

Launching Pusaka Sakinah secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Dr. AS Bahtiar dengan didampingi Kepala Seksi Bimas Islam Moh. Barzan, kepala KUA Kraksaan Moch. Amin. Hadir pula jajaran forkopimka Kraksaan, asn Kemenag serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Untuk kedepannya, KUA memiliki tanggung jawab membimbing dan membina agar pasangan yang menikah dapat mewujudkan keluarga sakinah tersebut, tegasnya KUA tidak hanya berfungsi formil sebagai lembaga pencatatan nikah, tegas mantan Kabid PendMa Jatim ini.

KUA harus menjadi poros ketahanan keluarga selain juga melaksanakan pelayanan kepenghuluan dan fungsi lainnya.

“Kita akan melakukan program yang responsif menjawab kebutuhan masyarakat dan menjawab problem masa kini, dan kita ingin layanan KUA harus bertransformasi ke arah perbaikan,” tutupnya. (Aan).

Share:

Arsip Blog