Kemenag Probolinggo

Thursday, February 18, 2021

Inovasi tiada henti, dalam sehari Kakankemenag kunjungi KUA wilayah tengah


Kab. Probolinggo (Inmas) Kondisi pandemi global Covid-19 tidak berarti menghentikan gerak langkah para ASN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat tetapi bagaimana kita mampu mencari format layanan dengan hasil maksimal dengan cara elegan. Ungkapan simpel Kepala Kankemenag kabupaten Probolinggo Dr. Akhmad Sruji Bahtiar saat mengunjungi KUA Leces. Kamis, (18/02/2021).

Dalam sehari belasan tempat sempat dikunjungi seperti KUA kecamatan Leces, Dringu, Banyuanyar, Maron dan Pajarakan juga sempat mengunjungi madrasah madrasah di lingkungan kankemenag.

Dalam kunjungan tersebut, pria asal Pamekasan Madura ini menyatakan bahwa gedung KUA beserta aset-asetnya ini termasuk fasilitas negara yang wajib kita jaga dengan baik. Kunjungan kita merupakan upaya melihat lebih dekat layanan ASN kepada masyarakat. 
"Kita harus melayaninya dengan baik, komitmen, serius dan penuh tanggungjawab. Jangan pernah menyia-nyiakan amanah tetapi laksanakan dan jalankan dengan prinsip Ikhlas dalam berbuat sebagaimana motto Kemenag Ikhlas beramal" ujarnya.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan Pengendalian dan Evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006, disebutkan bahwa monitoring merupakan suatu kegiatan mengamati secara seksama suatu keadaan atau kondisi, termasuk juga perilaku atau kegiatan tertentu, dengan tujuan agar semua data masukan atau informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan tersebut dapat menjadi landasan dalam mengambil keputusan tindakan selanjutnya yang diperlukan. 

Tindakan tersebut diperlukan seandainya hasil pengamatan menunjukkan adanya hal atau kondisi yang tidak sesuai dengan yang direncanakan semula. Tujuan Monitoring untuk mengamati/mengetahui  perkembangan dan kemajuan, identifikasi dan permasalahan serta antisipasinya/upaya pemecahannya.

Keunaan Evaluasi, adalah untuk Memberikan informasi yang valid terkait kinerja kebijakan, program kegiatan serta seberapa jauh kebutuhan dan nilai yang telah dicapaii

Evluaasi merupakan merupakan kegiatan yang menilai hasil yang diperoleh selama kegiatan pemantauan berlangsung. Lebih dari itu, evaluasi juga menilai hasil atau produk yang telah dihasilkan dari suatu rangkaian program sebagai dasar mengambil keputusan tentang tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan tindakan selanjutnya yang diperlukan. 

Sebagai pimpinan Kemenag Dr. AS Bahtiar terus merangsang ASN guna membangkitkan semangat berinovasi lebih baik dan memuaskan konsumen layanan di 24 kecamatan.(Aan).
Share:

Arsip Blog