Kemenag Probolinggo

Saturday, October 24, 2020

Buka P2CH, Dr. AS Bahtiar : LPTQ dapat memasyarakatkan al-Qur’an di tengah-tengah umat dan generasi muda


Kab. Probolinggo (Inmas) Sabtu pagi, 24 Oktober 2020 Kepala Kankemenag kabupaten Probolinggo Dr. H. Akhmad Sruji Bahtiar menghadiri dan membuka “Pelatihan dan Pembinaan Calon Dewan Hakim” dengan tema; “Memaksimalkan peran dewan hakim yang professional dan berkeadilan” bertempat di Iyon’s Café Lantai II Desa Sentong Krejengan kabupaten Probolinggo. Sabtu, (24/10/2020).

Acara ini merupakan inisiasi Pemerintah Daerah kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Probolinggo yang sudah merupakan hasil Rapat kerja (Raker) sebelumnya.

Kegiatan penting ini dihadiri Kepala Kankemenag, Kabag Kesra Pemkab Probolinggo, PD LPTQ, perwakilan Dinas Instansi terkait, perwakilan dari kecamatan serta calon dewan hakim.

Hadir sebagai pemateri dari Pengurus LPTQ Provinsi Jawa Timur antara lain; Ketua III LPTQ Jawa Timur KH. Abdul Hamid Abdullah, SH. M. Si (Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya), Anggota Bidang Program Pembinaan LPTQ Jawa Timur Dr. H. Saiful Jazil, M. Ag (Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya), dan Anggota Bidang Musabaqoh dan Perhakiman LPTQ Jawa Timur KH. A. Zul Hilmi, Lc (Imam Besar Masjid Sunan Ampel Surabaya).

Dalam sambutannya Kepala Kankemenag menyampaikan bahwa; “Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dalam rangka persiapan MTQ tingkat kabupaten sangatlah penting.”

Karena sebagai Dewan Hakim orientasi dan pelatihan sangat diperlukan terutama dalam memberikan penilaian yang akurat dan real tanpa ada embel-embel yang membuat penilaian menjadi tidak subjektif atau menduga berdasarkan selera dan perasaan, selain itu pelatihan ini bisa meningkatkan kompetensi dewan hakim terutama dalam bidang Tajwid, lagu dan suara.

Ini kesempatan yang bagus agar para dewan hakim kita dapat memberikan nilai yang objektif sesuai kemampuan peserta, dan dalam kiprahnya LPTQ kita harapkan dapat memasyarakatkan al-Qur’an di tengah-tengah umat dan generasi muda, harapnya.(Aan).

Share:

Arsip Blog