Kemenag Probolinggo

Monday, October 19, 2020

Kepala Kankemenag Apresiasi MAN 2 Probolinggo dalam keterlibatannya di Even Riset Nasional


Kepala Kankemenag Dr. AS. Bahtiar, saat menyaksikan siswi MAN2PRO presentasi online dalam lomba riset Nasiona

   

Kehadiran Direktur Kurikulum, Sarana Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Dr. A. Umar beberapa hari yang lalu (Senin, 14 September 2020) di MAN 2 Probolinggo untuk meninjau pelaksanaan SBSN 2020 berupa Gedung Workshop tiga lantai membawa berkah ganda. Pertama memberikan proyek gedung workshop, dan memberikan kabar adanya kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres).

Walaupun agak terlambat, sekitar dua mingguan menjelang penutupan lomba, MAN 2 Probolinggo tetap greget untuk mengikutinya. Al hasil siswa-siswi MAN 2 Probolinggo telah siap berjibaku, dan akhirnya pada tanggal 14 Oktober 2020 Proposal penelitian bidang Ilmu Keagamaan yang diajukan siswi atas nama Nawal Thalib dan Inayatul Ma`rufah (keduanya siswi kelas XII IPA) dinyatakan lolos dan maju ke babak Final.

Di bawah bimbingan bapak Suki, S.Ag, S.Pd, M.Pd.I, nanda Nawal Thalib dan Inayatul Ma`rufah merancang penelitian berupa projek aplikasi pembagian harta waris menggunakan aplikasi excel. Dalam projek ini membutuhkan dua kemampuan disiplin ilmu yaitu Faraid (fikih) dan IT yaitu microsoft excel.

Pada hari Senin, 19 Oktober 2020, bertempat di ruang akuarium kepala MAN 2 Probolinggo, peserta lomba Myres ini melakukan presentasi online untuk pendalaman materi bersama panitia dan juri, didampingi pembimbingnya, Kepala MAN 2 Probolinggo, dan dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Probolinggo.

Dalam kunjungannya, Kepala Kankemenag kab. Probolinggo Dr. A. Sruji Bahtiar, M.Pd.I menyampaikan kepada kepala MANDAPRO A. Zamroni, S.S, M.Pd agar kedepan lebih inten dalam mengembangkan riset, termasuk menyediakan fasilitas jurnal resmi ber-ISSN untul publikasi KTI dan hasil riset baik dari guru maupun siswa.

Terlepas dari kalah dan menang, aplikasi pembagian harta waris ini sangat bermanfaat bagi kita, khususnya bagi para penegak syari`ah yang diberi wewenang oleh pemerintah untuk mengurus harta waris.  Masyarakat yang selama ini masih kesulitan dalam menghitung pembagian harta waris, maka dengan adanya aplikasi faraid yang sedang digarap siswi MAN 2 Probolinggo ini akan memberikan kemudahan

Penentuan pemenang dalam tiga kategori setiap bidang akan digodok oleh panitia pusat dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 10 Nopember 2020. Dengan besar hati dan harapan yang besar, peserta dari MAN 2 Probolinggo ini akan mendapatkan juara yang diidam-idamkan, do`a kita semua untuk masa depan anak-anak kita, aamiin.

 Penulis : Suki, S.Ag, S.Pd, M.Pd.I

 

Share:

Arsip Blog