Kemenag Probolinggo

Friday, October 2, 2020

Kukuhkan PD DMI Kecamatan Dringu, KH. Abdul Wasik Hannan : DMI harus fleksibel dan suport program kerja takmir masjid


Kab. Probolinggo (Inmas) - Sesuai arahan Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD. DMI) Kabupaten Probolinggo yang dalam hal ini disampaikan Sekretarisnya H. Moh. Barzan yang sekaligus Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Probolinggo via Zoom meeting clouse atau virtual meeting Kamis (01/10/2020) kemarin untuk mendukung pengukuhan dan pelantikan Pengurus DMI kecamatan Dringu yang digelar hari ini. Jum'at, (02/10/2020).

Pengukuhan bertempat di pendopo Kecamatan Dringu, nampak hadir dalam acara tersebut, Forkopimka Dringu, Ketua PD-DMI Kabupaten Probolinggo, KH. Abdul Wasik Hannan, Kasi Bimas Kemenag, KH. Muhammad Barzan Ahmadi yang sekaligus sekretaris PD-DMI Kabupaten Probolinggo, Kepala KUA Kecamatan Dringu, serta Ketua Takmir Masjid se Kecamatan Dringu.


Pengukuhan tersebut, sekaligus pembinaan Ketua Takmir Masjid Jami' se Kecamatan Dringu, dalam sambutan Camat Dringu, Siti Muallimah mengatakan, ucapan selamat kepada DMI yang telah dikukuhkan dan suport agar niatan baik sebagai pekerja Allah semoga mendapatkan ridho Allah akan balasan kebaikan yang berlimpah.

Dalam rangka memakmurkan masjid di wilayah Kecamatan Dringu, Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD-DMI) Kabupaten Probolinggo mengukuhkan 19 pengurus DMI Kecamatan Dringu masa bhakti 2020-2025, Jum'at (02/10/2020) siang.

"Atas nama Forkopimka, kami mengapresiasi terbentuknya DMI Kecamatan Dringu, semoga terbentuknya DMI ini mampu membawa warna positif untuk kemaslahatan ummat, serta mampu meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan akhlaq mulia," kata Bu Ima (sapa'an akrabnya, red).

Dilanjutkan sambutan Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Probolinggo, KH. Abdul Wasik Hannan, "Pengurus DMI itu harus fleksibel ketika menghadapi ummat, baik dalam ucapan maupun tindakan, intinya mensuport program kerja takmir masjid sehingga masjid bisa makmur dan hidup," paparnya.

Usai pengukuhan dan penyerahan bantuan alat kebersihan masjid sebanyak 14 paket yang diserahkan secara simbolis oleh Camat Dringu, dilanjutkan pembinaan bagi 14 ketua takmir masjid jami' se Kecamatan Dringu oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Probolinggo, HM. Barzan Ahmadi, dalam paparannya, ia menekankan kepada ketua takmir masjid agar terus berupaya memakmurkan masjid sebagai corong siar Islam ditengah-tengah masyarakat.

"Pengurus masjid jangan mencari makmur dan hidup di masjid, tapi makmurkan serta hidupkan masjid, insyaallah Allah yang akan memakmurkan hidupnya," jelas Barzan dalam paparannya.

Barzan menambahkan, terkait pemakaian pengeras suara dimasjid haruslah menjaga kenyamanan warga sekitar sekiranya tidak mengganggu.

Ia juga menegaskan penggunaan kas masjid yang berasal dari infaq dan shodaqoh masyarakat, harus sesuai tujuan utama yaitu memakmurkan masjid.

"Jangan bangga, ketika kas masjid besar tapi kondisi masjid kotor, tidak ada kegiatan keagamaan, masjid bukan bank, intinya gunakan kas masjid untuk kemakmuran masjid," tandasnya. (Ofieq/Aan).

Share:

Arsip Blog