Kemenag Probolinggo

Tuesday, October 6, 2020

Pererat hubungan santri-alumni dengan pembacaan manaqib Syekh Abdul Qodir al-Jilani


Kab. Probolinggo (Inmas) Bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Arifin desa Patokan kecamatan Bantaran, Santri - Alumni Pondok Pesantren Ummul Quro Kropak Bantaran menggelar pembukaan manaqib Syekh Abdul Qodir al-Jilani R.a. dilanjutkan pembacaan Istighosah. Selasa, (6/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri pengasuh PP Ummul Quro Kh. Saiullah Arif, pengasuh PP. Miftahul Arifin Ky. A. Wafi Thabrani, pengasuh PP. Darul Hikmah Kh. Muktar serta keluarga masyayikh, hadir pula penyuluh agama islam Kankemenag serta santri alumni sekitar lokasi.

Ini merupakan giat rutin bulanan sekaligus sebagai ajang silaturrahim santri alumni dengan pengasuh pesantren dengan harapan akan melahirkan satu penyamaan persepsi kesantrian yang mengarah pada terciptanya saling menopang antar santri dan alumni dalam memajukan dunia pendidikan.

Dalam sambutannya KH. Saifullah Arif mengharapkan santri dan alumni dapat mempererat hubungan silaturrahim antar sesama umat karena hubungan yang terbangun dengan keikhlasan dan ketulusan jiwa akan melahirkan satu kesatuan yang kokoh. Dengan bersatunya santri negeri ini akan kuat apalagi ditopang degan penguatan akhlaq santri yang terkenal dengan kesantunannya, ujar Ketua Yayasan Bani Hasyim ini.
Kyai Saifullah Arif juga sempat menyampaikan tentang sejarah dan jalur silsilah Sukthonul Auliya Syaikh Abdul Qadir al-Jilani hingga perkembangan manaqib sampai sekarang.

Selain pembacaan manaqib dan istighhosah oleh KH. Mukhtar, lantunan syahdu Maulid al-Habsyi oleh Jam'iyyah Hadroh Ummul Quro menambah kekhusu’an peserta, persis pukul 09.30 WIB acara ditutup dengan doa. (Aan).
Share:

Arsip Blog