Kemenag Probolinggo

Tuesday, July 14, 2020

Sesuai Amanat PMA No. 12 Tahun 2016, Kemenag laksanakan Supervisi PNBP KUA



Kab. Probolinggo (Inmas) “Alhamdulillah yang ditunggu telah hadir” senyum gembira tampak di wajah H. Wawan Ali Suhudi saat melihat kehadiran Tim supervisi dari Kantor Kementerian Agama kabupaten Probolinggo. Senin, (15/7/2020).

Tim terdiri dari Kasi Bimas Islam H. Moh. Barzan bersama tiga staf Bimais Saiful Rahman, Sofi Isnaini, Alfiyah Nur dan Ketua Pokjaluh Probolinggo Suharto. Kehadiran tim bertujuan untuk melihat lebih dekat pelaksanaan pelayanan di KUA baik terkait PNBP KUA sebagaimana diamanatkan oleh PMA No. 12 Tahun 2016 BAB VI tentang Supervisi serta Pasal 22 yang berbunyi Kepala Seksi Bimas Islam Kab/Kota melakukan supervisi Administrasi Nikah dan Rujuk serta ayat 2 mengatur pelaksanaannya setiap Triwulan, juga terkait juga supervisi penyuluh agama islam baik fungsional maupun non pns.

“Wonomerto bukan satu-satunya KUA yang disupervisi hari ini, tim juga dijadwalkan akan melakukan kegiatan yang sama di KUA kecamatan Sukapura, Lumbang dan Tongas”, tegas Barzan. (15/07).

Dalam arahannya, Kasi Bimais menyampaikan bahwa giat supervisi yang dilaksanakan disamping sesuai dengan regulasi juga sebagai bentuk pembinaan di setiap KUA agar pengelolaan penyetoran dan penerimaan Negara bukan Pajak atas Biaya nikah atau rujuk dapat berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Supervisi PNBP adalah pelaksanaan kegiatan nikah rujuk merupakan pengendalian internal yang dilakukan unit pembina tekhnis Urusan Agama Islam baik di tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, tambahnya. Sementara terkait tugas kepenyuluhan pihaknya meminta lebih memaksimalkan tugas agar berdampak positif bagi berkembangnya paham keagamaan menuju tatanan yang benar sesuai tusi yang diembannya.

Terakhir terkait pelaporan pihaknya meminta Ketua Pokjaluh untuk memberikan penjelasan mendetail agar para penyuluh mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan.

Dilanjutkan ramah tamah di ruang pimpinan, turut hadir memberikan support dan motivasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (Madrasah/sekolah) M. Mushlih, Farida dan Ibu Mualimah.(Aan).

Share:

Arsip Blog