Kemenag Probolinggo

Sunday, July 12, 2020

Wujudkan kemandirian dan Trust building melalui peningkatan layanan



Kab. Probolinggo (Inmas) Bertempat di ruang kerja dinas pimpinan, Senin, 13 Juli 2020 Kemenag gelar rapat koordinasi lintas seksi dalam wadah rapat rutin. Kegiatan ini dihadiri jajaran pimpinan; Kepala Kankemenag Dr. H. Akhmad Sruji Bahtiar, M.PdI, Kasubbag TU M. Shodiq, serta para Kasi dan Penyelenggara di lingkungan Kemenag. Senin, (13/7/2020).

Kemenag akan terus melakukan evaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dan sedang berjalan sebagai upaya perbaiakan tatakelola dan manajemen regulasi, sehingga tatakerja pelayanan harus mengikuti dan merujuk regulasi yang telah ditetapkan. Para Kasi dan penyelenggara syariah berkewajiban untuk memberikan bimbingan secara periodic kepada Jabatan Fungsional Umum (JFU) dengan harapan menjadi tenaga fungsional umum yang profesional.


Selain itu kupasan penting lainnya, kemenag akan membangun sinergitas lintas sector dan lembaga lain guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat misalnya dalam peningkatan ekonomi umat yang dalam hal ini bisa menjadi ranah atau domain dari Bimas Islam dan Penyelenggara syariah. Peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk seluruh seksi dan satker serta peningkatan profesionalisme KBIHU sekaligus manasik sepanjang tahun dalam rangka mewujudkan haji mandiri sebagaimana menjadi cita-cita Kemenag RI.

Manasik haji mandiri akan dapat terwujud salah satunya dengan membentuk “Majelis Bimbingan Manasik” (MBM). Karenanya dibutuhkan ruhul jihad yang tangguh, membuang jauh-jauh ego sentris enggantinya dengan guyub terbangun.  
 Memasuki tatanan normal baru, Kemenag kabupaten Probolinggo telah melaksanakan Manasik Haji Mandiri (MHM) di 2 titik; pertama, dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 1 Juli 2020 bertempat di Yayasan Darul Hikmah dusun Krajan desa Karanganyar Paiton (timurnya Pondok pesantren Nurul Jadid), diikuti 123 orang; 85 CJH (Kec. Paiton) dan 38 CJH (kec. Kotaanyar dan Pakuniran). Sementara  kegiatan kedua, dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Juli 2020 bertempat di Yayasan Darul Mukhlasin Tegal Siwalan, diikuti 110 orang; 35 CJH (kec. Leces), 31 CJH (kec. Banyuanyar)  dan 24 CJH (kec. Tegalsiwalan) yang akan terus kita lanjutkan menuju titik yang lain tanpa mengesampingkan evaluasi internal guna meningkatkan perbaikan layanan.

Terbangunnya koordinasi secara kontinu serta upaya peningkatan pelayanan secara optimal akan mampu membangun image Kemenag, inilah trust building yang kita harapkan, harap pimpinan dalam rapat terbatas tersebut. (Aan).
Share:

Arsip Blog