Kemenag Probolinggo

Friday, August 14, 2020

Dakwah Video, penyuluh agama harus kuasai teknis menyusun Narasinya

 

Kab. Probolinggo (Inmas) “Teknis Menyusun Narasi Melalui Media” merupakan materi terakhir dalam giat “Pelatihan Moderasi Beragama”. Materi penting tersebut menarik para peserta untuk menyimak dengan baik setiap penyampaian oleh Ibu Khobibah, Widyaiswara Madya BDK Surabaya. Sabtu, (15/8/2020).

Yang pokok dalam pembahasan siang ini adalah membuat storyboard atau papan cerita , seperti komik dimana berisi gambar-gambar berurutan yang  merangkai cerita. Yang komponennya meliputi; Ide cerita dan pesan apa yang disajikan dalam naskah, apa saja jenis genre dan suasana yang hendak dicapai. Settingnya (lokasi dan waktu) dan bagaimana alurnya uga tidak kalah pentingnya untuk diperjelas, lalu kepada siapa cerita ini diperuntukan apakah untuk anak – anak, dewasa, atau segala usia, bagaimana cara pengambilan gambarnya (pemilihan warna, framing, dan angle) termasuk peluang dan target pembuatan film tersebut harus tergambar jelas.

Persiapkan pula hal-hal yang diperlukan untuk mendukung cerita (property, wardrobe, actor/aktris) kebiasaan, pola dan cara serta teknik pendekatan komunikasi dan kreatif apa yang tepat untuk membuatnya, ia membimbing para peserta dengan sangat telaten.

Ada delapan langkah untuk memudahkan kita dalam membuat storyboard diantaranya; 1. membuat timeline, 2. Menentukan Adegan Utama, 3. Tambahkan detail yang diperlukan ke setiap adegan, 4. Tulis Naskah Video, 5. Pilih alat untuk membuat storyboard, 6.  Membuat Sketsa, 7. Beri catatan dengan detail pada setiap adegan, 8. Tambahkan Potongan/jeda, ia menambahkan.

Dilanjutkan dengan pembelajaran kelompok praktik pembuatan storyboard, alur cerita hingga setting dan edit video yang akan dipresentasikan pada minggu depan. (Aan).

Share:

Arsip Blog