Kemenag Probolinggo

Tuesday, August 4, 2020

Membuat haru, saat Fasilitator Binwin putar video prosesi Aqdun Nikah putra Kyai Besar di Jatim


Kab. Probolinggo (Inmas) Di hari pertama pelaksanaan Bimbingan Perkawinan (BINWIN) Pra Nikah bagi Calon Pengantin yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama kabupaten Probolinggo melalui seksi Bimas Islam, Wawan Ali Suhudi berkesempatan menyampaikan materi; “Membangun hubungan dalam keluarga”. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji (GBNMH) KUA Wonomerto, Senin (5/8/2020).

Menurut Wawan untuk mewujudkan keluarga sakinah, perlu dilandasi bersama 4 pilar perkawinan yang sehat; zawaj (berpasangan), mitsaqan ghalidha (janji yang agung), mu’asyaroh bil ma’ruf (relasi suami istri yang baik), dan prinsip musyawaroh. Dimana keempatnya akan mempermudah pasangan dalam menjaga hubungan yang kokoh demi terwujudnya perkawinan yang sakinah mawadah warahmah.

Para peserta diajak berfikir tentang tatacara membangun rumah tangga, diceritakan pengalamannya bahkan pria asal Ngawi ini juga memutarkan prosesi Aqdun Nikah salah satu putra KH. Bisri Sansuri Denanyar Jombang saat menikahi putrinya KH. Agus Salim Tulangan Sidoarjo. Aqdun nikah yang sacral dimana calon suami menteskan air mata saat mengamini doa masyayikh.

Inilah pengalaman hidup yang harus dijalani dengan baik, ia menganogkan kehidupan berumah tangga dengan sebuah sungai kehidupan serta  kiat-kiat yang harus dilalui setiap pasangan suami istri termasuk planning-planning (perencanaan) dalam berkeluarga ia jelaskan secara gamblang. Hingga dilanjutkan dengan materi Reproduksi kesehatan oleh Ibu Hartatik dari Dinas Keseatan.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, Rabu-Kamis (5-6 Agustus 2020) dengan pemateri sebagaimana terjadwal.(Aan).


Share:

Arsip Blog