Kemenag Probolinggo

Wednesday, August 26, 2020

Pelatihan Moderasi ditutup Kasubbag, harapannya mampu mengemban amanat menuju penataan tatanan keagamaan yang harmonis dan damai


Kab. Probolinggo (Inmas) Kegiatan “Pelatihan Moderasi Beragama” yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya bertempat di DDWK Kemenag kabupaten Probolinggo. Rabu, (26/08/2020).

Kegiatan ini salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pegawai Kementerian Agama, baik peningkatan ranah afektif, kognitif dan psikomotorik peserta diklat, dengan harapan nantinya mereka mampu mengemban amanat yang diberikan.
Peserta  diklat  diperkenalkan Untuk mengimplementasikan teori yang diperoleh peserta dalam In the Job Training (IJT) DDWK Moderasi Beragama dan mengkolaborasikan pengalaman di lapangan, diperlukan In House Training (OJT). Penyerapan materi diklat  ditunjang dengan kegiatan In House Training (OJT) bertujuan untuk melihat dan mengamati serta membandingkan teori-teori pembelajaran yang didapat selama mengikuti pembelajaran dengan kondisi real di tempat pelaksanaan In House Training. 

Dari awal pelaksanaan, para peserta diperkenalkan; BLC Moderasi Beragama, Wawasan kebangsaan, Moderasi beragama dalam kehidupan kultural, Pencegahan konflik, Resolusi konflik sosial keagamaan, Teknik menyusun narasi Moderasi berbasis media IT, In House Training di FKUB, Rencana Tindak Lanjut, Evaluasi pengajar dan panitia penyelenggara, Ujian diawal dengan Pree test dan penghujung Post test semuanya untuk mengukur keberhasilan Diklat tersebut.    

Rabu, (26/8) materi bimbingan persiapan dilanjutkan presentasi pembuatan storyboard dan video moderasi keagamaan dari para peserta yang terbagi ke dalam lima kelompok, dengan penuh ketelatenan Dr. Hj. Khobibah, S.Ag., MA Widyaiswara BDK Jatim dan Dr. H. Akhamd Sruji Batiar, M.Pd menyaksikan langsung penyeampaian presentasi dan penayangan hasil video moderasi para peserta diklat.

Dan hari ini, Kamis, (27/8) giat penting bagi penataan pemahaman keagamaan ini harus berakhir dan ditutup secara resmi oleh Kepala Subbag TU Kankemenag H.M. Shodiq mewakili Kepala Kemenag yang saat ini menghadiri kegiatan Manasik dan pembagian buku manasik haji yang dilaksanakan Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) di PP. Miftahul Khoir Jl. Trunorejo No. 75 Menyono kecamatan Kuripan. 

Harapannya; semoga giat moderasi ini akan mampu meningkatkan pemahaman keagamaan bagi para pemangku kepentingan di kabupatenProbolinggo menuju penataan tatanan keagamaan yang harmonis dan damai, tutupnya. (Aan).
Share:

Arsip Blog