Kemenag Probolinggo

Thursday, September 17, 2020

Dr. Akhmad Sruji Bahtiar : Selain penguatan mental, dakwah ekonomi jangan dikesampingkan


Kab. Probolinggo (Inmas) Kegiatan hari ini dihadiri Pimpinan Komisi IV DPR RI Drs. KH. Hasan Aminuddin, M.Si., Bupati Probolinggo yang diwakili Kabag Kesra Pemkab Probolinggo, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Jawa Timur Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiah, Kepala Kankemenag Dr. H. Akhmad Sruji Bahtiar, Kasubbag TU H. M. Shodiq, Kasi Bimas Islam H. Moh. Barzan, Perwakilan MUI dan Ormas Islam serta pengurus BKMT yang mau dikukuhkan. Kamis, (17/09/2020).

Suasana luar biasa, Wahyu Ilahi yang disampaikan H. Syamsul Huda lantunannya menggema di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Probolinggo yang merupakan rangkaian ketiga setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars BKMT. 

Dalam sambutannya, Dr. AS. Bahtiar menyatakan; “Sungguh luar biasa pesan Al-Qur’an yang dibacakan Qori’ tadi” persisnya dalam QS. Ali Imron : 26.


“Katakanlah: Ya Tuhan yang memiliki segala kekuasaan.Engkau berikan kekuasaan kepada barang siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari barang siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau muliakan barangsiapa yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebaikan. Sesungguhnya Engkau atas tiap-tiap sesuatu adalah Maha Kuasa.”

Di sana ada pesan tersirat bahwa amanah luar biasa yang dianugerahkan Allah kepada kita semua itu atas kehendak-NYA. Kapanpun bisa dicabut oleh Allah karenanya pergunakan dan laksanakan amanah ini dengan baik, pesannya. 

Kemudian melanjutkan QS. Ash Shaff: 2-3:

 “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” 

Akankah kita menyuruh manusia untuk berbuat baik sementara kita sendiri melupakannya. Maka yang terpenting sekarang bagaimana kita bisa mewarnai pendidikan di kehidupan kita. Dakwah tidak hanya menyentuh dunia pendidikan, sosial, budaya semata, tetapi dakwah ekonomi ternyata tidak bisa kita kesampingkan, karena kesemuanya baik pendidikan, sosial, budaya muaranya juga ekonomi, nyatalah baru penguatan ekonomi warga bangsa sangatlah penting, tegas mantan Kepala Bidang PendMa Kanwil Kemenag Jatim ini. Pelantikan berjalan lancar dengan dihadiri sekitar 50 peserta. (Aan).

Share:

Arsip Blog