Kemenag Probolinggo

Thursday, September 17, 2020

Lantik pengurus BKMT Kab. Probolinggo, Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiah : Sinergitas Ulama - Umaro dapat membangun Indonesia menjadi negara yang kuat dan maju


Kab. Probolinggo (Inmas) Usai melantik dan mengukuhkan pengurus Badan Kontak Majelis Taklim Kabupaten Probolinggo masa bakti 2019 s/d 2024, Ketua Umum BKMT Provinsi Jawa Timur Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiah Amin dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus yang dilantik selamat bekerja dan jaga amanah dengan baik. Kamis, (17/09/2020).

Selanjutnya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Forum Komonikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bupati dan jajarannya, terutama kepada Pimpinan Komisi IV DPR-RI Drs. KH. Hasan Aminuddin, M.Si yang kita harapkan menadi mitra sekaligus membina pengurus BKMT Probolinggo. Serta Jajaran pimpinan Kemenag yang telah membangun sinergi dengan pemkab serta instansi terkait sehingga acara kali dapat berjalan baik, ujarnya.


Untuk diketahui para pengurus yang baru dilantik; “Orientasi kita bukan pada ekonomi yang akan kita peroleh tetapi penguatan ekonomi warga bangsa sebagaimana disampaikan Kepala Kankemenag Dr. AS Bahtiar. Sementara kita cukup menyadari bahwa berkhidmat dalam suatu organisasi harus siap dengan BDD (bondo Dewe dewe) dengan senyum terkulum. 

Agar organisasi berkembang ini dapat dengan baik, maka betapa pentingnya ekonomi untuk menghidupkan jalannya roda organisasi sehingga jawabannya adalah harus membangun sinergi. Untuk itu saya mohon kepada pengurus BKMT agar bisa menata hati dan menata niat agar kita semua punya semangat yang sama untuk menyampaikan syiar dakwah Rasulullah SAW. Bersama-sama menyelesaikan persoalan umat khususnya bidang dakwah dan pendidikan. Karena kita menyadari bahwa BKMT tidak bisa berjalan sendiri, sehingga BKMT Probolinggo bisa bermitra dengan pemerintah daerah dan dinas instansi terkait. 

Secara khusus saya sampaikan terima kasih atas dukungan Forkopimda yang luar biasa, titip salam untuk Ibu Bupati Tantri, dan alhamdulillah di tengah-tengah kita hadir pula suami beliau pimpinan komisi IV DPR-RI KH. Hasan Aminuddin, ini benar-benar support luar biasa yang harus kita syukuri, Pemkab mensupport dan Kemenag mensupport, ini Icon yang sangat baik dan semoga terus terbangun selamanya untuk membangun kekuatan sinergitas Ulama - Umaro demi membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik sehingga Indonesia menjadi negara yang kuat dan maju.

Seorang Doktor dan dokter ini juga mengingatkan pentingnya peran serta pengurus BKMT hadir bersama pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memberikan edukasi kepada masyarakat kaitannya dengan melakukan psycal and social distancing, cuci tangan dan sebagainya. 

Pandemi global ini harus kita hadapi dengan sabar dan syukur. Dimana pandemi ini telah menginfeksi aspek kehidupan bangsa, tetapi kita harusnya mampu bersyukur ternyata dengan adanya pandemi muncul banyak hal-hal baru walaupun harus melalui virtual dengan zoom meeting atau cloud. Dan ternyata Allah SWT menghadirkan kreatifitas yang banyak sebagai dampak pandemi ini. Bukan dengan adanya pandemi semuanya harus terhenti namun tetap dijalankan walaupun dengan kegiatan yang terbatas, penerapan protokol kesehatan terus dijaga agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Sehat fisik dan ekonomi, adalah harapan bersama, tutupnya.

Sesuai Visinya,  BKMT sebagai Forum Pendidikan dan Dakwah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas Jemaah serta Menumbuhkan nilai-nilai Islami dalam Keluarga. Yang kemudian diterjemahkan ke dalam Misi; 1. Membangun komunitas pembelajaran dalam menggalang persatuan dan kesatuan umat yang cinta dan gemar membaca Al-Qur’an. 2. Melaksanakan berbagai kegiatan Pelatihan dan Seminar dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota dan Masyarakat 3. Melaksanakan berbagai kegiatan di bidang dakwah yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan berbagai lapisan masyarakat 4. Melaksanakan dan memantapkan kembali kegiatan sosial kemasyarakatan berupa santunan/ bantuan kepada anak yatim dan duafa’ 5. Menumbuhkembangkan daya kreasi anggota dalam membentuk pribadi yang bertaqwa, disiplin, mandiri dan mempunyai solidaritas yang tinggi.

Tambahan informasi, Ketua BKMT Dra. Nur Hayati, M.Si., Sekretaris Suharto, SHI, M.Pd.I., Bendahara Muidah, S.Ag. Organisasi ini juga dilengkapi dengan bidang-bidang; Organisasi dan Pengembangan, Dakwah, Pendidikan dan pelatihan, Usaha/Sosial Kemasyarakatan serta pembantu umum. (Aan).

Share:

Arsip Blog