Kemenag Probolinggo

Tuesday, September 1, 2020

Bukan sekedar menyapa asn, tetapi silaturrahim sarana ampuh untuk mempererat dan saling mengingatkan

Kab. Probolinggo (Inmas) Terus bergerak dengan hati yang tulus melakukan silaturrahim kunjungi asn Kementerian agama yang bertugas di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan, itulah yang menjadi langkah pertama Dr. H. Akhmad Sruji Bahtiar di awal kepemimpinannya. Selasa, (1/9/2020).

Kunjungan silaturrahim yang dalam kontek sidak keliling tersebut, Kepala Kemenag sempat mengunjungi KUA kecamatan Krucil, Tiris, Banyuanyar dan Tegal Siwalan. Kunjungan menghasilkan satu analisis sistemik objektif sebagai bahan olahan kebijakan yang mengarah para perbaikan kinerja.

Merujuk Permenag Nomor 34/2016, tugas KUA itu disebutkan dalam pasal 3 dan 4 dijelaskan diantaranya; pertama, pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk. Kedua, penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam. Ketiga, pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan. Keempat, pelayanan bimbingan keluarga sakinah. Kelima, pelayanan bimbingan kemasjidan. Keenam, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah. Ketujuh, pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam. Kedelapan, pelayanan bimbingan zakat dan wakaf. Selain itu, KUA juga dapat melaksanakan fungsi layanan bimbingan manasik haji.

Kepala Kemenag berharap agar seluruh komponen KUA, mulai dari Pimpinannya, penghulu, penyuluh agama, pengawas dan semua staf bersinergi saling mempererat dan mengingatkan akan tugas dan fungsinya demi membangun agar KUA dapat memberikan layanan prima kepada masyarakat, tegasnya. (Aan).

Share:

Arsip Blog