Kemenag Probolinggo

Friday, September 11, 2020

Silaturrahmi DMI Kecamatan Dringu, Wujud Jihad Fi Sabilillah


Probolinggo - Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk, (QS. At-Taubah ayat 18).

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Dringu mengadakan silaturrahmi bersama pengurus, bertempat di Masjid Besar 'Darussalam' Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Jum'at (11/09/2020) siang.


Nampak hadir dalam forum silaturrahmi tersebut, Camat Dringu, Siti Mu'alimah, Kepala KUA Kecamatan Dringu, H. Ananto Pratikno sekaligus sebagai dewan pembina, KH. Khomisun sebagai Majelis Mustasyar DMI, H. Ibrahim Muhammad selaku ketua DMI Kecamatan Dringu beserta seluruh pengurus harian.

Dalam sambutannya, Ananto Pratikno selaku Dewan Pembina DMI mengatakan, bahwa proses pemilihan pengurus harian DMI sangatlah matang dan teliti melalui seleksi dari berbagai unsur elemen masyarakat yang berkiprah di bidang syi'ar Agama Islam di wilayah Kecamatan Dringu.

"Kami berharap, dengan terbentuknya DMI di Kecamatan Dringu ini mampu membawa warna positif untuk memakmurkan masjid-masjid yang berada di 14 desa se Kecamatan Dringu," kata Ananto dalam sambutannya.

Berdasarkan data valid yang dimiliki Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Dringu, H. Samsul Huda menyebutkan, jumlah masjid se Kecamatan Dringu sebanyak 43 masjid terbagi di 14 desa.

"Data ini merupakan data terbaru berdasarkan verifikasi langsung para Penyuluh Agama Islam Non PNS yang dilakukan beberapa hari yang lalu," ujar Samsul.

Ditempat yang sama, H. Ibrahim selaku ketua DMI terpilih berharap kekompakan dan satu visi misi yaitu memakmurkan masjid sebagai ladang ibadah.

"Tekad kita menjadi pengurus DMI sebagai sarana jihad fi sabilillah, dan mari kita jadikan sarana khoirunnas anfa'uhum linnas (sebaik-baik manusia adalah yang bisa membawa manfaat kepada manusia yang lain, red)," tandasnya.

Dipenghujung acara silaturrahmi tersebut disepakati akan mengadakan pengukuhan pengurus harian DMI Kecamatan Dringu pada hari Jum'at, tanggal 25 September 2020 bertempat di Pendopo Kecamatan Dringu dan akan mengundang 43 ketua ta'mir masjid beserta forkopimka.*(Taufiq/Aan)
Share:

Arsip Blog